Senin, 24 Februari 2014

RESUME PERTEMUAN PRAKTIKUM SISTEM BASIS DATA 1


A.      Pengenalan Oracle



Pengertian Oracle adalah database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS (Relational Data Base Management System) yang multi-platform. Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

Gambar arsitektur strurktur oracle

Keunggulan-keunggulandatabase Oracle yang membuat Oracle sebagai produk database yang paling banyak dipakai adalah sebagai berikut:
·         Scalability
·         Reliability
·         Stability
·         Availability
·         Multiplatform
·         Mendukung Database berukuran besar
·         Security
·         Scalability, kemampuan menangani banyak user yang Melakukan koneksi secara simultan tanpa berkurangnya performance secara signifikan. Dalam dokumentasinya, Oracle menyebutkan bahwa database Oracle dapat melayani puluhan ribu user secara simultan.
·         Reliability yang bagus, yaitu kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jikaterjadi kegagalan fungsi pada sistem seperti disk failure.
·         Stability, yaitu kemampuan untuk tidak crash karena beban yang tinggi.
·         Availability,yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service tetap.
·         Multiplatform, dapat digunakan pada banyak sistem operasi sepertiWindows, Unix, Linux dan Solaris.
·         Security yang cukup handal
Dan oracle juga mendukung data yang berukuran besar. Berdasarkan dokumentasinya, Oracle dapat menampung data sampai 512 petabyte(1 petabyte= 1024 terabyte).



    B.      PENGENALAN LINGKUNGAN ORACLE DATABASE HOMEPAGE
1.    Pastikan oracle service sudah menyala, dengan melihat dan mengeceknya di task manager dengan cara sebagai berikut:
a.       Masuk ke Task Manager


b.      Klik tombol services lalu cari semua name yang bertuliskan oracle, satu per satu di play menggunakan tomol play






2. Jika sudah kita bisa Oracle Database Home page dengan menekan tombol Start->All Programs->Oracle 10g Database ExpressEdition->GoToDatabase Homepage.



     Kita bisa isi username dan passwordnya dengan “system” , untuk masuk sebagai admin menuju ke halaman Home.




3. Untuk menggunakan SQL Oracle di Database Homepage pilih SQL, lalu pilih SQL Commands.Maka akan muncul halaman SQL seperti berikut:




4.       Setelah menggunakan Oracle Database Homepage pastikan Anda logout agar tidak terjadi kebocoran keamanan data.

     C.      MENGUNAKAN SQL * PLUS
Selain menggunakan tampilan berbasis GUI seperti Oracle Database Homepage.Kita juga bisa menggunakan aplikasi SQL Plus yang berbasis command line. Kita bias memulainya dengan memilih
Start->AllPrograms->Oracle 10g Database Express Edition->Run SQL Command Line.

1.       Setelah SQL Command Line muncul,sama seperti Oracle Database Homepage,Anda harus memakai account yang dibuat saat pertama kali instalasi.



2.       Setelah connected maka Anda sudah bias memulai proses pemakaian database.



3.       Untuk melihat isi table apa saja yang ada pada sistem,berikut sintaksnya



Maka akan menampilkan semua table yang ada pada sistem.

4.       Setelah selesai menggunakan aplikasi ini,Anda harus melakukan Logout.Caranya dengan mengetikan sintaks berikut:



Berikut di atas sebagian pembahasan Mengenai Pengenalan Awal dari Oracle, dalam tulisan ini penulis tidak menyertakan pembahasan mengenai CRUD sederhana pada oracle, namun pembahasan lengkapnya akan di bahas dalam modul resume yang telah penulis buat sebelumnya yang membahas mengenai materi ini. Modul Resume tersebut bisa teman-teman lihat atau bahkan di download  DISINI, terima kasih Telah Membaca tulisan ini, semoga bermanfaat :)


sumber:
-  Modul Praktikum 1 Sistem Basis Data Ilkom-Pilkom UPI tahun 2014




Tidak ada komentar:

Posting Komentar